KOMPETENSI TEKNIS
1. Media pembelajaran yang cocok untuk menjelaskan materi tentang Kenarok dan Kendedes adalah….
A. Sejarah tokoh masyarakat jawa
B. Sumber buku paket
C. Gambar peta dan globe
D. Video kisah kenarok dan ken dedes
E. Gambar candi
Kunci Jawaban
2. Pemberian Umpan balik jika siswa heterogen adalah….
A. Representative feedback
B.Comulatif feedback
C.Quantitative Feedback
D. Institutionalized Feedback
E. Eksternal feedback
Kunci Jawaban
3. Pemberian Umpan balik kepada peserta didik penting dilakukan meningkatkan keberhasilan, memperbaiki kesalahan, membantu untuk mengungkap kesalahpahaman, menyarankan perbaikan tertentu, jenis umpan balik jika siswa homogen adalah….
A. Representative feedback
B.Comulatif feedback
C.Quantitative Feedback
D. Institutionalized Feedback
E. Eksternal feedback
Kunci Jawaban
4. Pengamatan Pertumbuhan pohon singkong merupakan penilaian....
A. Kinerja
B. Produk
C. Portofolio
D. Proyek
E. Praktik
Kunci Jawaban
5. Menyanyikan lagu indonesia raya merupakan penilaian...
A. Kinerja
B. Produk
C. Portofolio
D. Proyek
E. Praktik
Kunci Jawaban
6. Membuat anyaman merupakan penilaian….
A. Kinerja
B. Produk
C. Portofolio
D. Proyek
E. Praktik
Kunci Jawaban
7. Siswa membuat laporan hasil pengamatan proses fotosintesis termasuk penilaian ....
A. Kinerja
B. Produk
C. Portofolio
D. Proyek
E. Praktik
Kunci Jawaban
8. Siswa menyajikan laporan hasil pengamatan proses fotosintesis termasuk penilaian ....
A. Kinerja
B. Produk
C. Portofolio
D. Proyek
E. Praktik
Kunci Jawaban
9. Siswa diminta mengamati proses fotosintesis termasuk penilaian...
A. Kinerja
B. Produk
C. portofolio
D. Proyek
E. Praktik
Kunci Jawaban
10. Dalam pembelajaran di kelas anda terdapat 2 siswa anda yang berkebutuhan khusus,pembelajaran apa yang tepat dilakukan dalam menghadapi kondisi ini…
A. menyuruh anak itu mngerjakan soal kedepaan dan membimbingnya
B. Membagi kelompok diskusi
C. Melakukan pembimbingan di tempat duduk mereka
D. Mengelompokan dengan siswa pintar agar bisa ikut terimbas
E. Memisahkan kedua siswa dengan siswa normal lainnya dengan perlakuan berbeda
Kunci Jawaban
11. Jika ingin membangkitkan rasa ingin tau dan gemar membaca maka cara efektif yang akan anda lakukan adalah….
A.diajak ke perpus rutin dan membuat mading poster
B.diajak ke laboratorium sains dan mencari literatur tentang sains
C.Kegiatan membaca rutin setiap pagi sebelum masuk ruangan dan membuat majalah diding
D. Memajang hasil karya puisi siswa
E. Lomba menulis naskah drama.
Kunci Jawaban
12. Penilaian harus mampu menelusuri dan melacak kemajuan siswa sesuai dengan rencana pembelajaran yang telah ditetapkan.ini prinsip penilaian sebagai....
A. Keeping track
B. Checking up
C. Finding out
D. Summing up
E. Finding in
Kunci Jawaban
13. Penilaian harus mampu mengecek ketercapaian kemampuan peserta didik dalam proses pembelajaran. Ini adalah Prinsip penilaian otentik sebagai...
A. Keeping track
B. Checking up
C. Finding out
D. Summing up
E. Finding in
Kunci Jawaban
14. Guru menguasai bidang keilmuan lain yang menunjang proses pembelajaran Adalah kompetensi...
A. Pedagogik
B. Profesional
C. Kepribadian
D. Sosial
E. Budaya
Kunci Jawaban
15. Dalam mengawali pelajarannya, Pak Mamaz Nendar menyampaikan suatu permasalahan guna menggugah dan menimbulkan kepenasaran-kepenasaran para siswanya. Langkah tersebut bertujuan untuk mendorong para siswa agar mau mengembangkan kreativitasnya . Langkah yang dilakukan Pak Mamaz Nendar itu merupakan bagian dari model pembelajaran….
A. portofolio
B. saintifik
C. Penemuan Diskoveri learning
D. Autentik
E. Contekstual Teaching and learning
Kunci Jawaban
16. Dalam mengawali pelajarannya, Pak Ali merumuskan pertanyaan, mengumpulkan data (informasi) dengan berbagai teknik, mengasosiasi/ menganalisis/mengolah data (informasi) dan menarik kesimpulan serta mengkomunikasikan hasil yang terdiri dari kesimpulan untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap. Langkah yang dilakukan Pak Ali itu merupakan bagian dari model pembelajaran…
A. portofolio
B. saintifik
C. penemuan
D. Autentik
E. Kontekstual
Kunci Jawaban
17. Manakah cara yang paling efektif dan bermakna dalam mengkomunikasikan hasil penilaian harian atau capaian sementara kepada siswa dan orangtua,
a. Menggunakan angka angka dan peringkat sementara siswa dalam kelas
b. Menggunakan angka angka tanpa disertai peringkat
c. dalam bentuk kategori A: sangat baik, B= baik, C=kurang, D, kurang sekali
d. Dalam bentuk angka, KKM yang dicapai pada mata pelajaran dan kelulusannya
e. Dalam bentuk deskripsi tentang kkm yang sudah dicapai dan belum dicapai
Kunci Jawaban
18. Penilaian yang dilakukan oleh seorang guru harus dapat menilai kemampuan siswa sesuai dengan tuntutan kurikulum dan meliputi berbagai aspek. Hal ini sesuai dengan prinsip ….
A. Terbuka
B. menyeluruh.
C. bermakna
D. adil
E. sahih
Kunci Jawaban
19. Salah satu indikator yang yang dapat menunjukkan kualitas butir tes uraian yang baik adalah ....
A. menuntut jawaban berupa ungkapan pendapat siswa
B. menuntut jawaban berupa fakta-fakta yang sebenarnya
C. ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar
D. ditulis oleh guru yang mengajar dikelas dikelas
E. pertanyaan tidak berupa kalimat yang panjang
Kunci Jawaban
20. Berikut ini merupakan faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam pengembangan kisikisi tes uraian, kecuali ....
A. penentuan alokasi waktu
B. penentuan pokok bahasan
C. penentuan indikator/tujuan
D. pendistribusian butir soal
Kunci Jawaban
Post a Comment